Jumat, 25 November 2011

Psikologi Agama

Manusia adalah makhluk yang berfikir dan merasa serta berkehendak dimana perilakunya mencerminkan apa yang difikir, yang dirasa dan yang dikehendakinya. Manusia juga makhluk yang bisa menjadi subyek dan obyek sekaligus, disamping ia dapat menghayati perasaan keagamaan dirinya, ia juga dapat meneliti keberagamaan orang lain. Tetapi apa makna agama secara psikologis pasti berbeda-beda, karena agama menimbulkan makna yang berbeda-beda pada setiap orang. Bagi sebagian orang, agama adalah ritual ibadah, seperti salat dan puasa, bagi yang lain agama adalah pengabdian kepada sesama manusia bahkan sesama makhluk, bagi yang lain lagi agama adalah akhlak atau perilaku baik, bagi yang lain lagi agama adalah pengorbanan untuk suatu keyakinan, berlatih mati sebelum mati, atau mencari mati (istisyhad) demi keyakinan. 

Di sini kita berhadapan dengan persoalan yang pelik dan rumit, yaitu bagaimana menerangkan agama dengan pendekatan ilmu pengetahuan, karena wilayah ilmu berbeda dengan wilayah agama. Jangankan ilmu, akal saja tidak sanggup mengadili agama. Para ulama sekalipun, meski mereka meyakini kebenaran yang dianut tetapi tetap tidak berani mengklaim kebenaran yang dianutnya, oleh karena tu mereka selalu menutup pendapatnya dengan kalimat wallohu a`lamu bissawab, bahwa hanya Allahlah yang lebih tahu mana yang benar. agama berhubungan dengan Tuhan, ilmu berhubungan dengan alam, agama membersihkan hati, ilmu mencerdaskan otak, agama diterima dengan iman, ilmu diterima dengan logika. 

Meski demikian, dalam sejarah manusia, ilmu dan agama selalu tarik menarik dan berinteraksi satu sama lain. Terkadang antara keduanya akur, bekerjasama atau sama-sama kerja, terkadang saling menyerang dan menghakimi sebagai sesat, agama memandang ilmu sebagai sesat, sebaliknya ilmu memandang perilaku keagamaan sebagai kedunguan. Belakangan fenomena menunjukkan bahwa kepongahan ilmu tumbang di depan keagungan spiritualitas, sehinga bukan saja tidak bertengkar tetapi antara keduanya terjadi perkawinan, seperti yang disebut oleh seorang tokoh psikologi tranpersonal, Ken Wilber; Pernikahan antara Tubuh dan Roh, The Marriage of Sence and Soul. (Ken Wilber, The Marriage of Sence and Soul, Boston, Shambala,2000). 

Bagi orang beragama, agama menyentuh bagian yang terdalam dari dirinya, dan psikologi membantu dalam penghayatan agamanya dan membantu memahami penghayatan orang lain atas agama yang dianutnya. Secara lahir agama menampakkan diri dalam bermacam-macam realitas; dari sekedar moralitas atau ajaran akhlak hingga ideologi gerakan, dari ekpressi spiritual yang sangat individu hingga tindakan kekerasan massal, dari ritus-ritus ibadah dan kata-kata hikmah yang menyejukkan hati hingga agitasi dan teriakan jargon-jargon agama (misalnya takbir) yang membakar massa. 

Inilah kesulitan memahami agama secara ilmah, oleh karena itu hampir tidak ada definisi agama yang mencakup semua realitas agama. Sebagian besar definisi agama tidak komprehensip dan hanya memuaskan pembuatnya.Sangat menarik bahwa Nabi Muhammad sendiri mengatakan bahwa, kemulian seorang mukmin itu diukur dari agamanya, kehormatannya diukur dari akalnya dan martabatnya diukur dari akhlaknya (karamul mu'mini dinuhu, wa muru'atuhu `aqluhu wa hasabuhu khuluquhu) (HR. Ibnu Hibban). 

Ketika nabi ditanya tentang amal yang paling utama, hingga lima kali nabi tetap menjawab husn al khuluq, yakni akhlak yang baik, dan nabi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan akhlak yang baik adalah sekuat mungkin jangan marah, ( an la taghdlaba in istatha`ta). ( at Tarhib jilid III, h. 405-406). 

Jadi pengertian agama itu sangat kompleks. Psikologi agama mencoba menguak bagaimana agama mempengaruhi perilaku manusia, tetapi keberagamaan seseorang juga memiliki keragaman corak yang diwarnai oleh berbagai cara berfikir dan cara merasanya. Seberapa besar Psikologi mampu menguak keberagamaan seseorang sangat bergantung kepada paradigma psikologi itu sendiri. Bagi Freud (mazhab Psikoanalisa) keberagamaan merupakan bentuk ganguan kejiwaan, bagi mazhab Behaviorisme, perilaku keberagamaan tak lebih sekedar perilaku karena manusia tidak memiliki jiwa. Mazhab Kognitif sudah mulai menghargai kemanusiaan, dan mazhab Humanisme sudah memandang manusia sebagai makhluk yang mengerti akan makna hidup yang dengan itu menjadi dekat dengan pandangan agama. Dibutuhkan paradigma baru atau mazhab baru Psikologi untuk bisa memahami keberagamaan manusia. 

Psikologi Barat yang diassumsikan mempelajari perilaku berdasar hukum-hukum dan pengalaman kejiwaan universal ternyata memiliki bias culture, oleh karena itu teori psikologi Barat lebih tepat untuk menguak keberagamaan orang yang hidup dalam kultur Barat. Psikologi Barat begitu sulit menganalisis fenomena Revolusi Iran yang dipimpin Khumaini karena keberagamaan yang khas Syi'ah tidak tercover oleh Psikologi Barat, sebagaimana juga sekarang tidak bisa membedah apa makna senyum Amrozi ketika di vonis hukuman mati. Keberagamaan seseorang harus diteliti dengan the Indigenous Psychology, yakni psikologi yang berbasis kultur masyarakat yang diteliti. Untuk meneliti keberagamaan orang Islam juga hanya mungkin jika menggunakan paradigma The Islamic Indigenous Psychology. 

Psikologi sebagai ilmu baru lahir pada abad 18 Masehi meski akarnya menhunjam jauh ke zaman purba. Dalam sejarah keilmuan Islam, kajian tentang jiwa tidak seperti psikologi yang menekankan pada perilaku, tetapi jiwa dibahas dalam kontek hubungan manusia dengan Tuhan, oleh karena itu yang muncul bukan Ilmu Jiwa (`ilman nafs), tetapi ilmu Akhlak dan Tasauf. Meneliti keberagamaan seorang muslim dengan pendekatan psikosufistik akan lebih mendekati realitas keberagamaan kaum muslimin dibanding dengan paradigma Psikologi Barat. Term-term Qalb, `aql, bashirah (nurani), syahwat dan hawa (hawa nafsu)yang ada dalam al Qur'an akan lebih memudahkan menangkap realitas keberagamaan seorang muslim. 

Kesulitan memahami realitas agama itu direspon The Encyclopedia of Philosophy yang mendaftar komponen-komponen agama. Menurut Encyclopedia itu, agama mempunyai ciri-ciri khas (characteristic features of religion) sebagai berikut :
1. Kepercayaan kepada wujud supranatural (Tuhan)
2. Pembedaan antara yang sakral dan yang profan.
3. Tindakan ritual yang berpusat pada obyek sakral
4. Tuntunan moral yang diyakini ditetapkan oleh Tuhan
5. Perasaan yang khas agama (takjub, misteri, harap, cemas, merasa berdosa, memuja) yang cenderung muncul di tempat sakral atau diwaktu menjalankan ritual, dan kesemuanya itu dihubungkan dengan gagasan Ketuhanan. 

6. Sembahyang atau doa dan bentuk-bentuk komunikasi lainnya dengan Tuhan.
7. Konsep hidup di dunia dan apa yang harus dilakukan dihubungkan dengan Tuhan.
8. Kelompok sosial seagama, seiman atau seaspirasi. 

Urgensi pendekatan Indigenous Psychology bukan saja karena agama itu sangat beragam, bahkan satu agamapun, Islam misalnya memiliki keragaman keberagamaan yang sangat kompleks. Orang beragama ada yang sangat rational, ada yang tradisional, ada yang "fundamentalis" dan ada yang irational. Keberagamaan orang beragama juga ada yang konsisten antara keberagamaan individual dengan keberagamaan sosialnya, tetapi ada yang secara individu ia sangat saleh, ahli ibadah, tetapi secara sosial ia tidak saleh. Sebaliknya ada orang yang kebeagamaanya mewujud dalam perilaku sosial yang sangat saleh, sementara secara individu ia tidak menjalankan ritual ibadah secara memadai.
Wassalam, 

Terimaksih teruntuk :
Prof. DR Achmad Mubarok MA
http://mubarok-institute.blogspot.com

Senin, 21 November 2011

INDIGENOUS

A.           Indigenous sebagai ilmu kearifan lokal yang beragam.

Psikologi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan tingkah laku manusia. Tingkah laku dan senyum adalah ekspresi jiwa. Untuk memahami makna senyum dan aksi orang dibutuhkan psikologi. Selama ini psikologi dipahami sebagai Western psychology yang mengasumsikan perilaku dan tingkah laku manusia sebagai sesuatu yang universal, tetapi yang sesungguhnya Psikologi Barat hanya benar untuk menganalisa manusia Barat, karena sesuai dengan kultur sekuler yang melatar belakangi lahirnya ilmu tersebut. Dibelahan dunia lain, perilaku manusia dipengaruhi oleh sistem nilai yang berbeda dengan sistem nilai masyarakat Barat. Apa yang diklaim sebagai human universals,haruslah diuji sahih dengan Multiple Indigenous Psychology.
            Indigenous Pschology dapat didefinisikan sebagai pandangan psikologi yang asli pribumi, yang tidak transported dari wilayah lain, dan memang didesain khusus untuk masyarakat setempat. Dengan kata lain Indegenous Pschology adalah pemahaman yang berdasar fakta-fakta atau keterangan yang dihubungkan dengan konteks kebudayaan setempat.
Pada dasarnya, dalam setiap komunitas masyarakat, termasuk komunitas masyarakat tradisional sekalipun, terdapat suatu proses untuk ‘menjadi pintar dan berpengetahuan’ (being smart and knowledgeable). Hal itu berkaitan dengan adanya keinginan agar dapat mempertahankan dan melangsungkan kehidupan, sehingga warga komunitas masyarakat akan secara spontan memikirkan cara-cara untuk melakukan dan atau menciptakan sesuatu, termasuk cara untuk membuat makanan, cara untuk membuat peralatan yang diperlukan untuk mengolah sumber daya alam demi menjamin tersedianya bahan makan, dan sebagainya. Dalam proses tersebut suatu penemuan yang sangat berharga dapat terjadi tanpa disengaja. Mereka menemukan bahwa suatu jenis tanaman tertentu dapat menghasilkan buah yang dapat dimakan setelah dilakukan cara pengolahan tertentu; atau daun tertentu dapat menyembuhkan mereka dari sakit perut, sedang daun lain mengobati demam; atau akar-akaran tertentu dapat menyembuhkan luka. Mereka menghimpun semua informasi tersebut dan melestarikannya, serta mewariskannya turun temurun.
Sejalan dengan kemajuan sosial-ekonomi, tata-cara atau teknik yang mereka gunakan untuk memproses penemuan-penemuan itu berkembang pula. Sehingga secara perlahan mereka menciptakan ‘metode’ untuk membangun pengetahuan yang pada dasarnya merupakan cara-cara atau teknologi asli (indigenous ways) untuk mendayagunakan sumber daya alam bagi kelangsungan kehidupan. Mereka mengembangkan suatu sistem pengetahuan dan teknologi yang asli – suatu kearifan lokal (Indigenous or local knowledge – yang biasa disingkat dengan Indigenous Knowledge), yang mencakup berbagai macam topik seperti masalah kesehatan, masalah pangan dan pengolahan pangan, pemeliharaan ternak, pengelolaan air bersih, konservasi tanah, serta pencegahan hama dan penyakit tanaman.
Indigenous Knowledge yang pada umumnya berbentuk oral (tradisi lisan), berkembang di daerah pedesaan bahkan pedalaman yang terpencil, dan biasa disebut masih bersifat tradisional tersebut memang tidak atau belum didasarkan pada metode tertentu yang bersifat sistemik, apalagi bersifat ilmiah. Indigenous Knowledge tidak pernah dapat dipahami dan disimpan secara sistematis, sehingga akibat terburuknya adalah bahwa Indigenous Knowledge tersebut akan punah. Indigenous Knowledge seperti sesuatu harta berharga yang tidak terlihat oleh masyarakat akademik, karena tidak dapat dikomunikasikan secara sistematis, sehingga tidak pula bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu, sistem tersebut biasa disebut sebagai suatu bentuk kearifan masyarakat yang dianggap tidak relevan dan tidak memiliki kekuatan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan produktivitas dalam dunia modern.
Namun demikian, sejak dekade terakhir abad yang lalu, situasi mulai berubah. Perhatian para ilmuwan dan masyarakat pada umumnya mulai terarah kepada upaya-upaya untuk mengidentifikasi, memahami dan mendokumentasikan sistem pengetahuan dan teknologi asli atau Indigenous Knowledge tersebut. Secara signifikan dapat disaksikan adanya ledakan jumlah publikasi mengenai relevansi Indigenous Knowledge tersebut terhadap berbagai aspek dari kebijakan publik dan terhadap disiplin ilmu akademik. Selain itu, ratusan situs internet secara khusus mengakomodasi pendokumentasian ratusan ribu tulisan dengan topik-topik Indigenous Knowledge. Ancaman dari kemajuan ini adalah bahwa terdapat kemungkinan penyalahgunaan atau pelanggaran hak atas kekayaan intelektual masyarakat yang mengembangkan Indigenous Knowledge tersebut. Oleh karena itu, disamping upaya untuk mengembangkan sistem pendokumentasian melalui pengembangan program atau perangkat lunak teknologi informasi, juga terlihat upaya-upaya untuk mengembangkan perangkat yang sekaligus mampu menangkal tindakan-tindakan penyalah-gunaan.[1]
Indigenous Knowledge dipandang sangat bernilai, dan mempunyai manfaat tersendiri dalam kehidupan masyarakat, setidaknya bagi masyarakat pemiliknya. Sistem tersebut dikembangkan karena adanya kebutuhan untuk menghayati, mempertahankan, dan melangsungkan hidup sesuai dengan situasi, kondisi, kemampuan dan tata nilai yang dihayati di dalam masyarakat terkait. Dengan kata lain, Indigenous Knowledge tersebut kemudian menjadi bagian dari cara hidup mereka yang arif, untuk memecahkan segala permasalahan hidup yang mereka hadapi. Berkat Indigenous Knowledge mereka dapat melangsungkan kehidupannya, bahkan dapat berkembang secara berkelanjutan (sustainable development), paling tidak sampai segala bentuk sistem modern menggantikan peran Indigenous Knowledge.

Konferensi internasional tentang Lingkungan Hidup dan Pembangunan yang diselenggarakan oleh PBB (UN Conference on Environment and Development – UNCED) tahun 1992, telah menunjukkan adanya minat tentang kontribusi Indigenous Knowledge terhadap pemahaman yang lebih baik atas pembangunan berkelanjutan. UNCED menegaskan adanya keperluan yang mendesak untuk mengembangkan mekanisme perlindungan keanekaragaman hayati bumi, dan menekankan perlunya melestarikan pengetahuan tentang lingkungan - Indigenous Knowledge – yang sedang menghilang dalam masyarakat.

B.           Pengertian dan Karakteristik Indigenous Knowledge

Menurut Louise Grenier dalam bukunya yang berjudul Working with Indigenous Knowledge: a guide for researchers (1998)[2], Indigenous Knowledge adalah pengetahuan lokal tradisional yang unik, yang masih ada di dalam dan berkembang di seputar kelompok wanita dan pria asli tertentu pada suatu wilayah geografis tertentu. Pengembangan Indigenous Knowledge, yang mencakup semua aspek kehidupan, termasuk pengelolaan lingkungan alam, telah terbukti mampu menjadikan masyarakat yang mengembangkannya tetap bertahan hidup. Indigenous Knowledge  juga bersifat dinamis, dan dapat beradaptasi dengan sistem pengetahuan dan teknologi dari luar yang selalu bertambah, sehingga sistem luar/modern itu dapat sepadan (match) dengan kondisi lokal.
The Netherlands Organization for International Cooperation in Higher Education / Indigenous Knowledge (NUFFIC/IK-Unit) bekerjasama dengan Management of Social Transformations Programme (MOST), UNESCO[3], telah mengidentifikasi bahwa terdapat berbagai macam definisi Indigenous Knowledge. Salah satunya adalah sebagaimana dikemukakan oleh Grenier tersebut. Indigenous Knowledge dipandang sebagai berbeda dengan pengetahuan yang dikembangkan/dihasilkan dalam suatu sistem internasional seperti universitas, lembaga-lembaga penelitian, serta lembaga-lembaga swasta lainnya. Indigenous Knowledge digunakan pada tataran lokal suatu masyarakat di negara berkembang, sebagai dasar bagi pengambilan keputusan yang terkait dengan pelestarian penyediaan makanan, kesehatan, pendidikan, pengelolaan sumber daya alam, dan berbagai kegiatan vital lainnya.
Sementara itu, SCIDEV (Science and Development Network, London)[4] mendefinisikan Indigenous Knowledge sebagai ‘the knowledge that is unique to a given culture or society’ (pengetahuan yang khas/unik dalam suatu kebudayaan atau masyarakat tertentu). Indigenous Knowledge merupakan dasar atau acuan bagi pengambilan keputusan tingkat lokal yang berkaitan dengan pertanian, pemeliharaan kesehatan, penyiapan makanan, pendidikan, pengelolaan sumber daya alam, serta berbagai macam aktivitas lainnya dalam masyarakat pedesaan. Sistem informasi tentang Indigenous Knowledge ini didasarkan pada pengalaman yang telah teruji selama beberapa abad, yang kemudian diadaptasikan ke dalam budaya dan lingkungan setempat, sehingga bersifat dinamis dan senantiasa berubah. Disamping itu, sistem Indigenous Knowledge merujuk kepada suatu rangkaian pengetahuan dan teknologi yang kompleks, yang hidup dan berkembang dalam situasi dan kondisi khusus penduduk dan masyarakat asli pada suatu lokasi, yang memiliki kebudayaan dan sistem kepercayaan yang berbeda dari yang lainnya.
Indigenous Knowledge bersifat dinamis karena merupakan hasil dari suatu proses percobaan, inovasi, dan adaptasi yang berkelanjutan, yang memungkinkan Indigenous Knowledge dapat berpadu juga dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, Indigenous Knowledge harus diintegrasikan lebih lanjut dengan karya para ilmuwan sebagai suatu kontribusi pelengkap terhadap seluruh upaya IPTEK dalam mencari solusi dan strategi untuk memerangi kemiskinan, dan untuk mengembangkan keberlanjutan dalam pembangunan. Berhubung dengan hal tersebut maka sangat menggembirakan untuk mengamati bahwa sains global telah mengakui juga relevansi Indigenous Knowledge tersebut. Konperensi Sains Dunia, The World Conference on Science (Budapest, 1999), telah merekomendasikan bahwa pengetahuan dan teknologi tradisional harus diintegrasikan dalam projek-projek interdisipliner yang berhubungan dengan kebudayaan, lingkungan dan pembangunan, khususnya dalam bidang konservasi kenakeragaman hayati, pengelolaan sumber daya alam, pemahaman tentang bahaya-bahaya alam, dan penekanan secara maksimal terhadap dampak proyek-proyek itu. Konperensi juga mengharuskan agar masyarakat lokal dan para pelaku yang relevan, dilibatkan dalam proyek-proyek ini. Para ahli dari negara-negara yang telah maju bahkan menganggap Indigenous Knowledge sebagai cadangan ilmu pengetahuan yang sangat berharga – sekalipun belum berkembang – sebagai aset besar yang dimiliki oleh negara-negara berkembang.
Indigenous Knowledge merupakan bagian yang sangat penting – bahkan merupakan unsur utama dari modal sosial – dari kehidupan masyarakat asli, yang pada umumnya ketinggalan dibandingkan dengan masyarakat lain yang lebih maju. Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya, Indigenous Knowledge sangat berperan dalam menunjang upaya masyarakat asli dalam mempertahankan hidup, menghasilkan bahan makanan, membangun papan dan tempat tinggal, bahkan juga dalam menciptakan sistem perlindungan bagi kehidupan komunitas bersangkutan. Oleh karena itu, Indigenous Knowledge memiliki kontribusi yang sangat potensial dalam menciptakan strategi untuk keberlanjutan hidup komunitas masyarakat bersangkutan.
Ciri-ciri Indigenous Knowledge adalah: lahir dan dikembangkan dalam suatu komunitas masyarakat, bersifat khas dan lokal, merupakan acuan bagi pengambilan keputusan dan penciptaan strategi untuk tetap bertahan hidup, mencakup topik-topik penting yang terkait dengan masalah produksi primer, kehidupan manusia dan hewan, serta pengelolaan sumber daya alam. Indigenous Knowledge pada umumnya berbentuk lisan (oral) dan berbasis pedesaan, belum didokumentasikan secara sistematik, namun bersifat dinamis dan berbasis pada inovasi, adaptasi, dan eksperimentasi[5].

C.           Indigenous Knowledge dan Studi Antropologi Budaya.

Dengan semakin bertambahnya perhatian masyarakat terhadap Indigenous Knowledge dan kontribusinya bagi pengembangan masyarakat secara berkelanjutan, maka berkembang pula upaya untuk lebih meningkatkan kegiatan pelestarian Indigenous Knowledge tersebut. Secara akademik, bidang ilmu yang dianggap paling relevan melakukan upaya pelestarian Indigenous Knowledge adalah Antropologi Budaya.Jika diperhatikan definisi kebudayaan yang dikemukakan oleh Ralp Linton, maka jelaslah Indigenous Knowledge tersebut merupakan bagian dari suatu kebudayaan, atau bagian dari suatu proses kemajuan peradaban. Dengan demikian, mengidentifikasi dan memahami Indigenous Knowledge berarti mengidentifikasi dan memahami suatu proses budaya berikut hasil-hasilnya. Dalam konteks pembinaan kebudayaan nasional Indonesia, maka pengidentifikasian dan pemahaman Indigenous Knowledge berarti juga merupakan salah satu upaya untuk dapat melestarikan kebudayaan nasional, karena kebudayaan nasional pada dasarnya adalah puncak-puncak hasil kemajuan peradaban suku-suku bangsa di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Landon Myer dalam tulisannya berjudul Biodiversity conservation and indigenous knowledge: rethinking the role of anthropology,[6] menyatakan bahwa penelitian antropologi perlu menjangkau proses-proses yang berdampak pada interaksi manusia dengan lingkungan pada tataran lokal, antara lain dalam penelitian keanekaragaman hayati (biodiversity) menurut kearifan masyarakat. Indigenous Knowledge merupakan suatu bagian dari bentangan alam yang diubah oleh manusia, dengan aspek-aspek politis, ekonomis, sosial dan biologis yang saling berinterasi. Dengan demikian, penelitian keanekaragaman hayati dan Indigenous Knowledge merupakan penelitian terhadap kenyataan berwujud yang sangat riil. Penelitian demikian, menurut Myer, dapat memperluas pembahasan bukan hanya terhadap para pelaku langsung, melainkan juga terhadap kebijakan publik pada tataran lokal, nasional, dan internasional berikut konsekuensi dari pengimplementasiannya atau juga konsekuensinya bilai tidak dilakukan suatu impelemntasi. Metode inovatif yang terkemuka dalam disiplin Ilmu Antropologi untuk penelitian ini, menurut Myer, adalah metode/konsep penelitian multi-sited.
Sementara itu, D. Michael Warren[7], Direktur Center for Indigenous Knowledge for Agriculture and Rural Development, Iowa State University, yang berbicara dalam International Conference on Conservation of Biodiversity in Africa: Local Initiatives and Institutional Roles, di Nairobi, Kenya, 30 Agustus-3 September 1992, menegaskan bahwa keanekaragaman hayati dan IK merupakan gejala esensial yang saling melengkapi bagi kemajuan umat manusia. Warren memberikan tinjauan atas beberapa studi mutakhir yang dengan jelas melukiskan peran aktif yang dimainkan oleh komunitas masyarakat pedesaan di Afrika dan di bagian dunia lain dalam melahirkan pengetahuan yang berbasis pemahaman yang cermat atas lingkungan mereka, mekanisme untuk menyiasati konservasi dan untuk mempertahankan sumber daya alam. Selain itu juga peran aktif dalam membuat organisasi berbasis komunitas yang berfungsi sebagai forum untuk mengidentifikasi masalah dan menanganinya melalui percobaan-percobaan dan inovasi pada tataran lokal, serta tukar menukar informasi dengan komunitas masyarakat lainnya. Warren juga menyebut peran penting dari The International Society of Ethnobiology dalam merumuskan hubungan yang tak dapat dipisahkan antara keanekaragaman budaya dan keanekaragaman hayati. Dengan demikian studi etnologi atau antropologi budaya pada umumnya dapat dikaitkan dengan studi tentang keanekaragaman hayati, misalnya dengan mengidentifikasi cara-cara suatu komunitas masyarakat asli tertentu dalam mengelola dan/atau mempertahankan kekayaan keanekaragaman hayati di lingkungan mereka.
Dalam kerangka studi etnologi, terdapat studi etnobotani. Tujuan studi etnobotani[8] adalah mempelajari bagaimana dan mengapa komunitas masyarakat tertentu menggunakan dan mengkonsepkan tanaman-tanaman dalam lingkungan setempat mereka. Studi ini membicarakan bagaimana dan dalam cara apa komunitas masyarakat tertentu menggunakan dan memandang alam, tentunya berdasarkan sistem pengetahuan dan teknologi asli – Indigenous Knowledge – mereka. Sebagai bidang penelitian, etnobotani adalah suatu studi interdisipliner dan menggunakan pendekatan holistik yang mencakup bidang ilmu botani, antropologi, sejarah, dan kimia.
Analog dengan studi etnobotani tersebut, kiranya dapat juga dikembangkan studi-studi yang terkait dengan masalah ekologi, yakni aspek dari Indigenous Knowledge (traditional ecological knowledge [TEK]), yang secara khusus berkaitan dengan pemanfaatan, pengelolaan, dan konservasi lingkungan dan sumber daya alam; studi-studi yang terkait dengan masalah kesehatan dan pengobatan tradisional (traditional medicine), yakni aspek dari Indigenous Knowledge yang secara khusus berkaitan dengan cara-cara melindungi dan memulihkan kesehatan yang dilaksanakan sebelum datangnya pengobatan modern. Menurut WHO, istilah pengobatan tradisional mengacu kepada akupunktur, persalinan tradisional, penyembuhan mental, dan tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat.
Studi lain yang erat kaitannya dengan Indigenous Knowledge adalah studi tentang hak ulayat tradisional (traditional resource rights [TRR]), yang mencakup hak atas tanaman, binatang/hewan, tanah, dan benda-benda lain yang mungkin memiliki nilai-nilai sakral, seremonial, warisan, atau nilai-nilai estetis lainnya. Dengan konsep TRR terkandung pula adanya perlindungan atas hak kekayaan intelektual (intellectual property rights – IPR) yang dimiliki oleh komunitas masyarakat bersangkutan, termasuk hak konpensasinya apabila TRR tersebut didayagunakan oleh pihak lain.
Melalui studi dan penelitian tersebut dapat diharapkan bahwa Indigenous Knowledge diidentifikasi, dideskripsikan, dan didokumentasikan dengan cermat, sehingga dapat dilakukan pelestarian terhadapnya. Untuk itu peran aktif para peneliti bidang ilmu Antropologi sangat menentukan dalam upaya pelestarian Indigenous Knowledge tersebut, tentunya dalam kerja sama lintas bidang dengan para peneliti bidang ilmu lainnya.

D.           Penciptaan dan Pengelolaan Kepustakaan Kelabu.

Hasil akhir dari suatu studi atau penelitian minimal akan berbentuk suatu dokumen atau karya tulis. Dokumen atau karya tulis hasil studi/penelitian tersebut akan menjadi bagian dari kepustakaan atau literatur yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para pencari informasi. Mengingat bahwa tidak semua karya tulis hasil penelitian dapat diterbitkan – dalam artian digandakan dalam jumlah besar dan disebarluaskan kepada masyarakat secara formal – maka dokumen hasil penelitian yang tidak diterbitkan tersebut hampir dapat disebut sebagai dokumen atau kepustakaan kelabu (grey literature), dokumen yang tidak jelas karena tidak bisa diakses oleh banyak pengguna.
Kekelabuan dokumen hasil penelitian tidak berarti bahwa dokumen tersebut tidak memiliki nilai informasi yang tinggi. Sebaliknya, dokumen hasil penelitian justru merupakan salah satu kepustakaan primer yang penting karena mengkomunikasikan hasil-hasil temuan baru. Oleh karena itu dokumen-dokumen kelabu tersebut perlu dikelola sedemikian untuk dapat diakses oleh sebanyak mungkin pengguna. Salah satu cara yang dewasa ini digunakan untuk mengelola dokumen kelabu ini adalah dengan mentransfernya kedalam bentuk digital, sehingga terbangunlah suatu sistem kepustakaan dan perpustakaan digital (digital library).
Sejalan dengan kecenderungan internasional untuk melakukan pelestarian terhadap Indigenous Knowledge, dan bahwa salah satu upaya pelestarian itu melalui kegiatan penelitian, maka terdapat upaya internasional pula untuk mengembangkan sistem perpustakaan digital tersebut. Suatu Tim dari Knowledge Management Research Group (KMRG) Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1999/2000 telah memperoleh dukungan dari IDRC Canada dan YLTI Indonesia untuk mengembangkan suatu perangkat lunak yang kemudian diberi nama Ganesha Digital Library (GDL). Visi dari GDL ini adalah “Connecting People’s Knowledge” dengan secara khusus mendokumentasikan dokumen karya tulis setempat yang biasa disebut sebagai ‘local contents’ dalam bentuk teks lengkap (full text records).[9] Program GDL ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 2 Oktober 2000.
Untuk mewujudkan visi tersebut, KMRG ITB menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain dengan Universitas Cenderawasih (UNCEN) dan sejumlah perguruan tinggi lain di Kawasan Timur Indonesia yang pernah mendapatkan bantuan dari Proyek Kerja sama Indonesia – Kanada. Melalui kerja sama ini, disepakati penggunaan perangkat lunak GDL untuk pendigitasian semua dokumen kelabu di lingkungan peserta kerja sama. Pada tahap awal, pendigitasian dokumen kelabu tersebut dilakukan secara offline yakni pada jaringan komputer lokal masing-masing. Namun pada tahap selanjutnya diharapkan bahwa dokumen yang telah terdigitasi tersebut akan dapat dipasang (upload) pada jaringan komputer global internet dengan alamat situs http://www.digilib.[namaPTN/PTS].ac.id, sehingga dokumen karya tulis setempat itu pun dapat diketahui, dipelajari, dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat lainnya. Dewasa ini sekitar 300 judul laporan penelitian UNCEN telah didigitasikan dalam program perpustakaan digital GDL UNCEN pada UPT Perpustakaan dengan alamat situs offline: digilib.uncen.ac.id, walaupun belum seluruhnya tersedia dalam teks lengkap (full text).

E.         Penutup.

Kearifan masyarakat tradisional selain merupakan harta budaya yang tidak boleh diabaikan, juga merupakan harta intelektual yang memiliki nilai yang sangat tinggi. Kearifan masyarakat atau Indigenous Knowledge – telah teruji selama berabad-abad, dan terbukti menjadi salah satu komponen yang menunjang keberlangsungan kehidupan suatu komunitas masyarakat. Dalam dunia modern dewasa ini, Indigenous Knowledge tidak luntur dan tidak ditinggalkan, melainkan justru mendapat perhatian yang semakin besar, sehingga dilakukan berbagai upaya pelestarian Indigenous Knowledge.
Salah satu upaya pelestarian Indigenous Knowledge yang dipandang sangat potensial adalah dengan melakukan penelitian atau studi untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan mendokumentasikannya secara sistematis. Sesuai dengan hakekat dari Indigenous Knowledge itu sendiri, maka bidang ilmu yang dianggap paling relevan dalam melakukan penelitian dan studi Indigenous Knowledge adalah Antropologi. Sedangkan sesuai dengan arah dan tujuan pembangunan yang berkelanjutan, maka bidang penelitian dan studi Indigenous Knowledge yang paling relevan adalah keanekaragaman hayati dalam kaitan dan kerangka studi etnologi.

Dengan dilakukannya pelestarian melalui kegiatan penelitian dan studi Antropologi tersebut akan dihasilkan dokumen-dokumen karya tulis hasil penelitian yang diharapkan dapat bermanfaat sebagai pangkal tolak untuk penelitian dan studi selanjutnya. Dengan demikian hasil ganda dari kegiatan penelitian dan studi tentang Indigenous Knowledge ini dapat diperoleh, yakni pelestarian IK di satu pihak, dan penciptaan dokumen tentang IK – yakni kepustakaan kelabu Antropologi – di pihak lainnya.

Reference :


  1. Cf. Bevan Raymond Koopman, 2002. Software tools for Indigenous knowledge management. Bachelor of Information Technology Honours Thesis, School of Information Technology and Electrical Engineering, University of Queensland. Juga: http://www.nuffic.nl/ik-pages dan/atau http://www.unesco.org/most.
  2. Louise Grenier, 1998. Working with Indigenous Knowledge: a guide for researchers. Ottawa: IDRC.
  3. Diturunkan dari: http://www.nuffic.nl/ik-pages dan/atau http://www.unesco.org/most.
  4. Diturunkan dari: http://www.scidev.net/dossiers/indigenous_knowledge/ikdefs.html.
  5. Diturunkan dari: http://www.nuffic.nl/ik-pages/about-ik.html.
  6. Landon Myer, 1998. “Biodiversity conservation and indigenous knowledge: rethinking the role of anthropology.” Indigenous Knowledge and Development Monitor, March 1998 (internet material).
  7. D.M. Warren, 1992. “Indigenous knowledge, biodiversity conservation and development.” Keynote address pada International Conference on Conservation of Biodiversity in Africa: Local Initiatives and Institutional Roles, 30 August-3 September 1992, Nairobi, Kenya.
  8. Diturunkan dari: http://www.scidev.net/dossiers/indigenous_knowledge/ikdefs.html.
  9. Lihat: brosur GDL, KMRG ITB; atau http://gdl.itb.ac.id.
  10. INDIGENOUS
    PERILAKU ISLAM

    JURNAL :

    KONSELING KELUARGA DAN PENGARAHAN PADA GAY, LESBIAN, BISEKSUAL DAN KLIEN TRANSENDER : PERTIMBANGAN ETHIKA.

    Terimakasih teruntuk Bapak : 
    DR. A.M. DIPONEGORO
     

Selasa, 20 September 2011

Autisme

Gambaran penting dari gangguan Autis adalah kemunculan abnormalitas yang jelas atau kemunduran perkembangan pada kemampuan interaksi sosial dan kemampuan komunikasi dan ketertarikan, aktivitas yang terbatas dan diulang-ulang. Manifestasi dari gangguan ini sangat tergantung pada tingkat perkembangan dan usia kronologis dari individu. Gangguan ini disebut juga gangguan autis pada awal masa bayi, Autis pada masa anak-anak, atau Autis Kanner.
Pelemahan pada kemampuan hubungan interaksi sosial timbal balik adalah kasar dan mendukung. Ini mungkin ditandai dengan adanya kemunduran yang jelas pada penggunaan kemampuan nonverbal multipel (seperti, tatapan mata, ekspresi wajah, postur tubuh, dan gerak gerik) untuk mengatur interaksi sosial dan komunikasi (kriteria A1a). Gagal untuk mengembangkan hubungan sosial dengan teman yang sesuai menurut tingkat perkembangan (kriteria A1b) ini mungkin akan mengambil bentuk yang berbeda pada usia yang berbeda. Individu yang masih muda mungkin memiliki sedikit atau tidak samasekali hubungan pertemanan yang menetap. Individu yang lebih tua mungkin memiliki ketertarikan untuk berinteraksi dengan teman namun memiliki kekurangan dalam pemahaman mengenai kebiasaan pada interaksi sosial. Tidak adanya keinginan spontan untuk berbagi kesenangan, minat, atau pencapaian dengan orang lain (misalnya, tidak memamerkan, membawa atau menunjukkan benda yang menarik minat) (kriteria A1c). Tidak ada timbal balik sosial atau emosional mungkin nampak (misalnya, tidak aktif berpartisipasi dalam permainan sosial yang sederhana, lebih menyukai aktivitas tunggal, atau hanya melakukan aktivitas dengan alat atau bantuan “mekanik” (kritera A1d). Seringkali, kesadaran individu pada orang lain nampak sangat lemah. Individu dengan gangguan ini mungkin lupa dengan anak lain (termasuk adanya sibling), tidak memiliki konsep saling membutuhkan, dan tidak merasakan kesusahan orang lain.
Keterlambatan komunikasi juga muncul, mendukung dan mempengaruhi kemampuan verbal dan nonverbal. Mungkin mengalami keterlambatan, atau hilang sama sekali, perkembangan kemampuan bahasa ucapan (kriteria A2a). Pada individu yang berbicara, gangguan jelas pada kemampuan untuk memulai atau mempertahankan percakapan dengan orang lain (kriteria A2b), atau pemakaian bahasa atau bahasa idiosinkratik secara stereotipik dan diulang (kriteria A2c). Tidak adanya berbagai permainan khayalan atau permainan pura-pura sosial yang spontan yang sesuai menurut tingkat perkembangannya (kriteria A2d). Ketika kemampuan berbicara berkembang, nada, intonasi, tingkat, ritme, atau stress bisa tidak normal (misal, nada suara bisa satu nada atau menggunakan konteks yang tidak sesuai atau mengajukan pertanyaan dengan nada seperti pada membuat akhir pernyataan). Struktur tata bahasa sering tidak matang dan menggunakan bahasa yang stereotipe dan diulang (contohnya mengulang kata atau kalimat tanpa mengetahui artinya, mengulang jingel atau iklan) atau bahasa idiosinkratik (misalnya, maksud atau arti bahasa hanya yang terbiasa dengan gaya komunikasi individu). Pengertian bahasa seringkali mengalami keterlambatan, dan individu mungkin mengalami ketidak mampuan untuk memahami pertanyaan atau pengarahan sederhana. Gangguan pragmatik (digunakan dalam sosial) bahasa seringkali terbukti oleh ketidakmampuannya untuk mengintegrasi kata dengan gerak gerik tubuh atau pemahaman lelucon atau aspek bahasa nonliteral seperti maksud yang tersirat. Permainan imaginatif seringkali tidak nampak atau mengalami pemburukan. Individu ini juga cenderung tidak terlibat dalam permainan imitasi sederhana atau rutinitas-rutinitas dari masa kanak-kanak atau awal masa kanak-kanak atau melakukan sesuatu yang keluar dari konteks atau pada cara yang mekanis.
Individu dengan gangguan Autis memiliki pola perilaku, minat dan aktivitas yang terbatas diulang dan stereotipe. Mereka mungkin memiliki ketertarikan berlebihan pada satu atau lebih pola perilaku minat yang terbatas dan stereotipe yang abnormal pada intesitas fokus lainnya (kriteria A3a).    Ketaatan yang tampaknya tidak fleksibel terhadap rutinitas atau ritual yang spesifik dan nonfungsional (kriteria A3b), Manerisme motorik stereotipik dan berulang, (misalnya, menjentikkan atau memuntirkan tangan atau jari, atau gerakan kompleks seluruh tubuh) (kriteria A3c), Ketertarikan berlebihan pada bagian-bagian tertentu benda (Kriteria A3d). Individu dengan Autis menunjukkan tanda keterbatasan pada minat dan sering berokupasi dengan minat yang dibatasi (misalnya, tanggal, nomor telefon,  alamat stasiun radio).  Mereka mungkin akan membuat barisan nomor atau bermain dengan permainan yang sama berulang-ulang atau mengulang mimic yang dari aktor yang dia lihat di televisi. Mereka mungkin akan meminta dengan jelas kesamaan dan menunjukkan resistansi atau distress yang tidak pernting dirubah (misalnya, anak muda akan memiliki reaksi katastrophi untuk perubahan minoritas didalam lingkungan seperti menyusun kembali furniture atau menggunakan alat-alat dalam tatanan meja makan). Sering adanya ketertarikan pada rutinitas atau ritual yang tidak fungsional atau adanya permintaan yang tidak masuk akan yang mengikuti suatu perbuatan (misalnya, setiap hari meminta melewati jalan yang sama ketika hendak berangkat sekolah). Pergerakan tubuh yang steretipe yang mengikuti pergerakan tangan (bertepuk tangan, mengibas-ngibaskan jari) atau bagian tubuh (mengayun-ayunkan, menenggelamkan, atau mengayunkan). Abnormalitas bentuk tubuh (seperti, berjalan dengan ujung jari kaki, pergerakan tangan yang aneh atau bentuk badan). Mungkin juga ada ketertarikan pada sesuatu yang bergerak (misalnya, menggerak-gerakkan roda dari mainan, membuka dan menutup pintu, kipas angin listrik, dan benda yang bergerak dengan cepat). Individu mungkin akan memiliki perhatian yang tinggi pada beberapa benda yang inanimate (seperti, potongan dawai atau karet).
Gangguan ini harus termanifes dengan adanya keterlambatan atau keabnormalan fungsi paling tidak satu (bahkan bisa lebih berat) dari aspek-aspek berikut terutama sebelum usia 3 tahun : interaksi sosial, bahasa yang digunakan dalam komunikasi, dan permainan simbolik atau imajinatif (Kriteria B). Pada kebanyakan kasus, tidak ada periode yang tegas dari perkembangan normal, meski mungkin 20% dari kasus orang tua melaporkan perkembangan yang relative normal selama 1 atau 2 tahun. Pada kasus seperti itu, orang tua mungkin melaprkan bahwa anak memperoleh sedikit kata dan akan kehilangan atau sepertinya akan mengalami hambatan perkembangan.
Menurut definisi, jika ada periode perkembangan normal, ini tidak bida lebih luas dari usia 3 tahun. Gangguan tidak lebih baik diterangkan dengan gangguan Rett atau gangguan disintegratif pada masa anak-anak (kriteria C)

Asosiasi gambaran dan gangguan
Hubungan deskripsi ciri dan gangguan mental
Pada kebanyakan kasus, ada asosiasi diagnosis dengan retardasi mental, dimana bisa antara ringan hingga berat. Mungkin mengalami abnormalitas pada perkembangan kemampuan kognitif. Profile dari keterampilan kognitif biasanya tidak seimbang, tanpa melihat perkembangan inteligensi secara umum, dengan kemampuan verbal yang pada umumnya lebih lemah daripada kemampuan non-verbal. Kadang-kadang kemampuan spesial akan nampak (seperti, anak perempuan berusia 4 ½ tahun dengan gangguan Autis mungkin bisa “memecahkan kode” materi tulisan dengan pemahaman minimal dari pengertian tentang apa yang ia baca (hiperleksia) atau anak laki-laki usia 10 tahun memiliki kemampuan yang sangat banyak untuk menghitung tanggal (kalkulasi kalender). Perkiraan kosa kata dari kata tunggal (reseptif atau ekspresif) tidak selalu menjadi perkiraan yang baik untuk tingkatan kemampuan berbahasa (misalnya, kemampuan berbahasa secara nyata bisa jadi pada level yang lebih rendah).
Individu dengan gangguan Autis bisa memiliki beberapa cakupan dari simptom perilaku, termasuk hiperaktivitas, jarak perhatian yang pendek, impulsivitas, agresivitas, kebiasaan menyakiti diri sendiri, dan, terutama pada anak-anak, adanya temper tantrum. Bisa jadi akan ada suatu respon sensorik yang ganjil terhadap stimulus (misalnya, kepekaan yang tinggi terhadap rasa nyeri, oversensitivitas pada suara atau sentuhan, reaksi yang berlebihan pada cahaya atau pada bau-bauan, ketertarikan pada stimuli tertentu). Juga mungkin ada keabnormalitasan dalam makan (seperti, melakukan diet dengan membatasi makanan) atau gangguan tidur (terbangun pada malam hari dengan terayun-ayun). Keabnormalan pada perasaan atau afeksi (misalnya, tertawa genit atau menangis tanpa adanya alasan yang jelas, tidak adanya reaksi emosi) bisa nampak. Ada kemungkinan mereka kehilangan rasa takut pada obyek yang secara nyata membahayakan, dan adanya ketakutan berlebihan pada obyek yang sebenarnya tidak membahayakan sama sekali. Berbagai macam perilaku yang menyakiti diri sendiri akan nampak (seperti, membenturkan kepala dipintu, menusukkan benda tajam pada tangan atau pergelangan tangan). Pada remaja atau dewasa awal, individu dengan autis yang memiliki kapasitas intelektual mendalam bisa tertekan pada sebagai respon untuk merealisasikan ketidakmampuan mereka.

Temuan laboratorium yang berhubungan
            Ketika Autis berasosiasi dengan kondisi medis secara umum, penelitian laboratorium menemukan konsistensi dengan kondisi medis umum akan terobservasi. Ada beberapa perbedaan pada beberapa pengukuran aktivitas serotonergi, tapi ini tidak digunakan untuk mengdiagnosis Autis. Belajar imajinasi dapat menyebabkan abnormalitas pada beberapa kasus, tapi tidak ada pola spesifik yang mengidentifikasi dengan jelas. Abnormalitas EEG lebih umum dan bahkan pada serangan tiba-tiba gangguan.

Hubungan penemuan uji fisik dengan keadaan medis secara umum
            Variasi non-spesifik simptom neurological atau tanda-tanda mungkin akan tercatat (contoh refleksi premitif, keterlambatan yang dominan pada perkembangan tangan pada gangguan Autis). Konsisi ini kadang nampak berasosiasi dengan neurological dan kondisi medis umum lainnya (misalnya, sindroma X rapuh, skilerosis tuberosus).
Serangan gangguan yang tiba-tiba mungkin berkembang (terutama pada remaja) paling tidak sebanyak 25% kasus. Baik pada kasus mikrocephalus maupun makrocephalus akan nampak. Ketika kondisi medis umum nampak, harus dicatat pada Axis III.

Spesifikasi usia dan jenis kelamin
Sifat dari pemburukan pada interaksi sosial mungkin berubah dari waktu ke waktu pada gangguan autis dan bisa jadi tergantung pada level perkembangan individu. Pada bayi, mungkin terjadi kegagalan untuk memeluk, sikap acuh tak acuh atau tidak suka pada afeksi atau kontak fisik, keterbatasan kontak mata, respon wajah dan arah senyuman dan kegagalan untuk merespon suara orang tua. Sebagai hasil, orang tua pada awalnya akan memfokuskan pada ketulian anak. Anak muda penderita Autis bisa dengan memperlakukan orang dewasa sebagai orang yang dapat bertukar tempat, secara mekanis dekat dengan seseorang yang spesifik, atau menggunakan tangan orang tua untuk memperoleh apa yang diinginkan tanpa melakukan kontak mata (hanya tangan dari orang yang relevant). Setelah melewati perkembangan anak menjadi lebih rela untuk dikaitkan secara pasif pada interaksi sosial dan bisa jadi lebih tertarik pada interaksi sosial. Bagaimanapun, dalam kejadian yang demikian, anak akan menuju kepada jalur yang tidak biasa (misalnya mengaharapkan orang lain menjawab pertanyaan yang spesifik, memiliki sedikit pengertian tentang batasan-batasan orang lain, dan menjadi pengganggua dalam interaksi sosial. Pada individu yang lebih tua, tugas menggunakan long-term memori (misalnya, jadwal berurutan, tanggal-tanggal bersejarah, formula kimia, atau menggunakan kata-kata eksak dari lagu yang pernah didengar sebelumnya) bisa menjadi sempurna, tapi informasi lebih tertuju pada pengulangan secara berkali-kali, tanpa melihat kesesuaian informasi dengan konteks sosial. Rata-rata gangguan ini 4 sampai 5 kali lebih tinggi pada pria daripada wanita. Wanita dengan gangguan ini akan lebih mungkin, bagaimanapun, menunjukkan retardasi mental yang lebih parah

Prevalensi
Nilai tengah gangguan Autis pada studi epidermiologi adalah 5 kasus per 10.000 anak, dengan laporan rata-rata antara 2 sampai 20 anak per 10.000 individu. Namun tetap belum jelas apakah rata-rata yang dilaporkan lebih tinggi dilakukan dalam metode yang berbeda atau peningkatan frekwensi pada kondisi.

Perjalanan Gangguan
Berdasarkan definisi, onset gangguan Autis terutama pada usia 3 tahun. Pada bebrapa kejadian, orangtua melaporkan bahwa mereka mengalami kekhawatiran tentang anak mereka sejak kelahiran atau segera setelah itu karena anak mengalami hambatan dalam interaksi sosial. Manifestasi gangguan Autis pada masa anak-anak sulit dipisahkan dan sulit untuk mendifinisikan dibandingkan setelah usia 2 tahun. Pada kasus-kasus minoritas, anak dilaporkan mengalami perkembangan yang normal pada tahun-tahun pertama (atau sebelum 2 tahun) awal kehidupan. Gangguan autis mengikuti perkembangan yang berkelanjutan. Pada usia anak sekolah dan remaja, perkembangan bagian tubuh dibeberapa aspek akan terjadi (seperti, peningkatan minat terhadap fungsi sosial seperti jangkauan pada anak-anak usia sekolah). Beberapa individu memiliki kebiasaan buruk selama masa remaja, padahal yang lainnya berkembang. Kemampuan berbahasa (misalnya, penggunaan kominikasi dengan berbicara) dan keseluruhan level intelektual adalah faktor kuat yang mempengaruhi prognosis terakhir. Studi lanjutan menyatakan bahwa hanya sedikit individu dengan gangguan Autis dapat terus hidup dan bekerja secara independent sampai dewasa. Sekitar sepertiga kasus, beberapa peningkatan derajat secara parsial dapat terjadi. Fungsi tertinggi dari orang dewasa dengan Autis pada umumnya dilanjutkan dengan memperlihatkan permasalahan pada interaksi sosial dan komunikasi dengan aktivitas dan minat yang terbatas.

Pola Yang Berhubungan dengan Keluarga
Ada peningkatan resiko gangguan autis antara saudara kandung dari individu dengan gangguan ini, dengan perkiraan 5% saudara kandung juga menunjukkan kondisi seperti ini. Muncul juga resiko variasi gangguan perkembangan karena gangguan karena pengaruh saudara kandung

Diagnosis Banding
Priode kemunduran perkembangan mungkin nampak pada perkembangan normal namun tidak terlalu berat dan sepanjang gangguan Autis. Gangguan Autis harus dibedakan dengan gangguan perkembangan pervasif lainnya. Gangguan Rett gangguan Autis pada rasio jenis kelamin dan pola defisit. Rett terdiagnosa hanya pada wanita sedangkan gangguan Autis lebih banyak terjadi pada laki-laki. Pada gangguan Rett ditandai dengan adanya perlambatan pertumbuhan kepala, kehilangan kemampuan tangan yang bertujuan dan menunjukkan kemampuan koordinasi gaya berjalan dan pergerakan tubuh yang buruk. Terutama selama masa sekolah, individu dengan gangguan Rett menunjukkan kesulitan dalam interaksi sosial yang sama dengan yang nampak pada gangguan Autis, tapi ini lebih cenderung berlalu. Gangguan Autis berbeda dengan gangguan disintegratif pada masa anak-anak , dimana ada pola khusus pemburukan perkembangan yang berat pada beberapa aspek fungsional yang paling tidak terjadi 2 tahun setelah perkembangan normal. Pada gangguan Autis, abnormalitas perkembangan biasanya tercatat pada tahun-tahun awal kelahiran. Ketika informasi mengenai awal perkembangan tidak tersedia atau ketika tidak mungkin menyediakan data yang diperlukan pada perkembangan normal, diagnosis Autis harus ditegakkan. Gangguan Asperger dapat dibedakan dengan gangguan Autis dengan tidak adanya keterlambatan atau hambatan didalam perkembangan bahasa. Diagnosis Asperger tidak bisa ditegakkan jika kriteria ditemukan dalam gangguan Autis.
Skizofrenia dengan onset pada masa anak-anak biasanya berkembang setelah tahun-tahun normal, atau dekat dengan perkembangan normal. Sebagai tambahan, diagnosa skizofrenia dapat dibuat jika individu dengan gangguan Autis mengembangkan ciri-ciri karakteristik skizofrenia (lihat halaman 298, DSM IV) dengan fase aktif simptom seperti halusinasi dan delusi yang nampak paling tidak selama 1 bulan terakhir. Pada selective mutism, anak biasanya menunjukkan kemampuan komunikasi yang sesuai dengan konteks tertentu dan tidak mengalami pelemahan yang  berat pada interaksi sosial dan pola perilaku yang terbatas yang berasosiasi dengan gangguan Autis. Pada gangguan bahasa ekspresif dan gangguan bahasa reseptif-ekspresif , terjadi pelemahan kemampuan berbahasa, namun ini tidak berasosiasi dengan pelemahan secara kualitatif pada aktivitas, minat dan interaksi sosial yang terbatas, diulang-ulang dan stereotipe. Kadang susah untuk menentukan apakah diagnosis tambahan untuk Autis bisa dijamin pada seseorang yang mengalami retardasi mental, terutama jika retardasi mentalnya berat dan mendalam. Diagnosis tambahan pada gangguan Autis adalah terlihat pada situasi dengan defisit kualititif pada kemampuan sosial dan kemampuan komunikatif dan karakteristik khusus perilaku pada Autis yang nampak. Stereotipe motorik adalah salah satu ciri dari gangguan Autis, diagnosis tambahan untuk gangguan pergerakan yang stereotipe tidak diberikan jika lebih baik diperhitungkan sebagai bagian dari gangguan Autis. Simptom overaktivitas dan ketidak mampuan memusatkan perhatian sangat sering didalam gangguan Autis, tetapi diagnosa diagnosa ADHD tidak ditegakkan jika gangguan Autis muncul.

Kriteria Diagnostik Untuk Gangguan Autis
A.    Total enam (atau lebih) hal dari  1), 2) dan 3), dengan sekurang-kurangnya dua dari 1) dan masing-masing satu dari 2) dan 3):
1)      Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial, seperti ditunjukkan sekurangnya dua dari berikut:
a.       Gangguan jelas dalam penggunaan perilaku nonverbal multipel seperti tatapan mata, ekspresi wajah, postur tubuh, dan gerak gerik untuk mengatur interaksi sosial
b.      Gagal untuk mengembangkan hubungan sosial dengan teman yang sesuai menurut tingkat perkembangan
c.       Tidak adanya keinginan spontan untuk berbagi kesenangan, minat, atau pencapaian dengan orang lain (misalnya, tidak memamerkan, membawa atau menunjukkan benda yang menarik minat)
d.      Tidak ada timbal balik sosial atau emosional
2)      Gangguan kualitatif dalam komunikasi, seperti ditunjukkan sekurangnya satu dari berikut:
a.       Keterlambatan dalam, atau sama sekali tidak ada, perkembangan bahasa ucapan (tidak disertai oleh usaha untuk berkompensasi melalui cara komunikasi lain seperti gerak-gerik atau mimik)
b.      Pada individu dengan bicara yang adequat, gangguan jelas dalam kemampuan untuk memulai atau mempertahankan percakapan dengan orang lain
c.       Pemakaian bahasa atau bahasa idiosinkratik secara sterotipik dan berulang
d.      Tidak adanya berbagai permainan khayalan atau permainan pura-pura sosial yang spontan yang sesuai menurut tingkat perkembangannya.
3)      Pola perilaku, minat dan aktivitas yang terbatas, berulang dan stereotipik, seperti ditunjukkan oleh sekurangnya satu dari berikut:
a.       Preokupasi dengan satu atau lebih pola minat yang stereotipik dan terbatas, yang abnormal baik dalam intensitas maupun fokusnya
b.      Ketaatan yang tampaknya tidak fleksibel terhadap rutinitas atau ritual yang spesifik dan nonfungsional
c.       Manerisme motorik stereotipik dan berulang, (misalnya, menjentikkan atau memuntirkan tangan atau jari, atau gerakan kompleks seluruh tubuh)
d.      Ketertarikan berlebihan pada bagian-bagian tertentu benda
B.     Keterlambatan atau dungsi abnormal pada sekurangnya satu bidang berikut, dengan onset sebelum usia 3 tahun :
1)      Interaksi sosial
2)      Bahasa yang digunakakan dalam komunikasi sosial
3)      Permainan simbolik atau imaginatif
C.     Gangguan tidak lebih baik diterangkan dengan gangguan Rett atau gangguan disintegratif pada masa anak-anak